PENGERTIAN INTERNET
Internet merupakan kepanjangan dari interconnected networking, yang
mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk
sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global)
dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit
dan lainnya. Istilah INTERNET berasal dari bahasa Latin inter, yang
berarti “antara”. Internet adalah sebuah dunia maya jaringan computer
(interkoneksi) yang terbentuk dari miliaran komputer di dunia. Internet
merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia
yang berbeda system operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut
memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang
menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi.
Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan
protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas
memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP
(Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke
komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik
transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di
gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data. Untuk
dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, biasanya Anda harus
berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada di
kota Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet ataupun.
Anda dapat menggunakan fasilitas dari Telkom yakni Telkomnet Instan.
Dengan memanfaatkan internet, pemakaian komputer di seluruh dunia
dimungkinkan untuk saling berkomunikasi dan pemakaian bersama informasi
dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke komputer lain,
mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup dan
lain-lain.
Sejarah internet dimulai dari ARPANet, yaitu sebuah proyek Departemen
Pertahanan Amerika Serikat. Pada tahun 1969 dilakukan sebuah riset yaitu
bagaimana cara menghubungkan suatu komputer dengan komputer lainnya
atau membentuk suatu jaringan. Di tahun 1970 mereka berhasil
menghubungkan lebih dari 10 komputer yang membentuk jaringan. Kemudian
tahun 1973 jaringan ARPANet mulai dikembangkan di luar Amerika Serikat.
Sejarah internet berlanjut ketika komputer di University College di
London ikut bergabung dengan jaringan ARPANet. Di tahun-tahun
selanjutnya jaringan ini semakin berkembang.
Pada tahun 1982, karena banyaknya komputer yang bergabung maka
dibutuhkan sebuah protokol resmi yang menghubungkan semua komputer dan
jaringan dan dibentuklah TCP/IP. Di tahun 1984 kemudian diperkenalkan
sistem penamaan domain yang dikenal dengan DNS (Domain Name System).
Internet kemudian tumbuh secara pesat di tahun 1990-an. Demikianlah
sejarah internet secara singkat.
Internet terbagi atas 2, yaitu:
• INTRANET
Intranet adalah jaringan komputer dalam sebuah perusahaan yang
menggunakan teknologi internet sehingga terbentuk lingkungan yang
seperti internet tetapi bersifat privat bagi perusahaan bersangkutan.
Biasanya Intranet dihubungkan ke jaringan Internet dengan dilengkapi
firewall.
• EXTRANET
Extranet adalah jaringan privat yang menggunakan teknologi Internet dan
sistem telekomunikasi publik untuk membentuk hubungan yang aman antara
pemasok, vendor, mitra kerja, pelanggan, dan pihak bisnis lainnya dalam
rangka mendukung operasi bisnis atau pengaksesan informasi bisnis
FASILITAS INTERNET
1. WORLD WIDE WEB [WEB]
Web merupakan sistem dalam internet yang memiliki fasilitas pencarian
dan pemberian informasi yang cepat dengan menggunakan teknologi
hypertext. Untuk membuat Hypertext, dikembangkan sebuah bahasa
pemrograman khusus yang memungkinkan pengikatan alamat WWW atau file
dalam sebuah dokumen. Sesuai dengan fungsinya, bahasa pemrograman ini
disebut Hypertext Mark up Language (HTML). File ini biasanya
berextention *.html. Agar file yang berisi Hypertext ini bisa
dikirimkan, diperlukan protokol pengiriman data yang spesifik yang
disebut HyperText Transfer Protocol (HTTP). Untuk menemukan setiap
hubungan Hypertext digunakan Uniform Resource Locator (URL). Karena itu,
halaman WWW juga disebut dokumen URL.
Mengakses informasi berupa teks, gambar, suara, film, dll. Software
browser yaitu Microsoft Internet Explorer dan Netscape Communicator.
Ada beberapa jenis web, antara lain Web Search Engine, Web Portal, Web
Perusahaan, dan Web Pribadi. Web Searh Engine adalah web yang memiliki
kemampuan untuk melakukan pencarian dokumen berdasarkan kata kunci
tertentu. Selain itu, pencarian informasi dapat pula dilakukan dengan
meng-klik link yang relevan pada web directory. Beberapa alamat web
directory adalah:
-Yahoo Directory (dir.yahoo.com);
-Jayde Directory (www.jayde.com/);
-Alive Directory (www.alivedirectory.com/);
-A1 Web Directory (www.a1webdirectory.org)
Web directory menampilkan daftar link atau subjek berdasarkan kategori
yang tersusun secara hirarki. Misalnya, informasi yang ingin ditelusuri
adalah web graphics, hirarki yang muncul mungkin sebagai berikut:
Computers
Internet
Web development
Web graphics
Selain itu, terdapat pula situs yang dapat menampilkan daftar mesin atau
alat pencari subjek spesifik, misalnya Beaucoup (www.beaucoup.com).
Web Portal adalah web yang berisi kumpulan link, search engine, dan
informasi. Web perusahaan adalah web yang menampilkan profil perusahaan
atau lembaga, layanan yang ditawarkan, fasilitas yang dimiliki, dan
segala sesuatu tentang perusahaan. Web pribadi adalah web yang
menampilkan profil pribadi pemilik web yang bersangkutan.
Berikut ini adalah contoh situs web yang dapat dikases berikut isi atau bidang yang termuat di dalamnya.
1) http://iteslj.org/
The Internet TESL Journal; berisi artikel-artikel, rencana pembelajaran
dan bahan ajar, dan teknik pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa
kedua.
2) http://www.depdiknas.go.id/ Situs Web resmi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia
3) http://www.unm.ac.id/ Situs Web resmi Universitas Negeri Makassar
4) http://www.kompas.com/ Situs Web Harian Kompas
Selain untuk menelusur informasi, situs web juga merupakan wahana yang
baik untuk memperkenalkan lembaga, termasuk sekolah, kepada khalayak
melalui internet. Sudah cukup banyak sekolah di Indonesia yang memiliki
situs web dan dapat diakses melalui internet, misalnya Situs Web Resmi
SMA Negeri 3 Bandung (http://sman3-bdg.net/05/index.php), Situs Web
resmi SMK Negeri 3 Makassar (http://www.smkn3-upg.sch.id/), Situs Web
resmi SMK Negeri 2 Majene (http://www.smkn2-maj.sch.id/), dan Situs Web
resmi SMA Negeri 2 Makassar, (http://www.sman2mks.com/). Dalam merancang
sebuah situs web sekolah, kita perlu memperhatikan jenis informasi yang
akan dimuat di dalamnya. Berikut ini adalah salah satu contoh situs web
sekolah, yakni SMA Negeri 3 Bandung. Situs tersebut memuat beberapa
link yang memuat informasi penting sekolah, yakni artikel yang memuat
sejumlah artikel; berita yang memuat berita terkini dan berita peristiwa
di sekolah; kontak yang memungkinkan pengakses mengirim pesan ke situs
tersebut; forum diskusi yang memungkinkan siswa dan guru berdiskusi
dengan topik tertentu; tentang kami yang antara lain memuat sejarah,
visi dan misi, struktur organisasi, dan komite sekolah; sarana dan
fasilitas sekolah, termasuk laboratorium, perpustakaan, sarana ibadah,
akses internet, dan sarana olahraga; informasi tentang beasiswa,
informasi tentang penerimaan siswa baru, info akademik yang antara lain
memuat kalender pendidikan, ujian nasional dan ujian sekolah, dan
kriteria kenaikan kelas.
Situs web seperti di atas merupakan media yang cukup efektif untuk dapat
memperkenalkan sekolah karena dapat diakses kapan dan di mana saja.
Bahkan, dengan situs web tersebut, sekolah memiliki peluang yang lebih
banyak untuk bekerja sama dengan pihak lain.
ELECTRONIC MAIL [EMAIL]
Surat elektronik adalah pesan (surat, gambar, suara, dan video ) yang
dapat dikirimkan, diterima maupun disimpan dan sewaktu-waktu dapat
diambil kembali oleh user melalui internet/jaringan eletronik. Dengan
fasilitas email ini mereka dapat saling mengirim dan menerima surat,
gambar, suara, dan video. Dengan semakin meluasnya penggunaan internet,
fasilitas email juga semakin banyak digunakan untuk saling
berkorespondensi, baik oleh individu maupun lembaga atau organisasi.
Bahkan bagi sebagian orang atau lembaga, email sudah menjadi sebuah
kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Ini terjadi karena kelebihan yang
dimiliki fasilitas email ini, yakni lebih cepat dan lebih murah. Hanya
dalam hitungan detik, surat yang dikirim akan sampai pada kotak email
yang dituju dengan biaya yang relatif murah. Bahkan dengan menjamurnya
warung internet (warnet), harga yang ditawarkan untuk mengakses internet
semakin gampang dan murah.
Pada umumnya, email menyediakan kotak surat (mailbox) yang cukup besar
sehingga dapat menampung surat-surat yang dikirim beserta lampirannya.
Terdapat pula buku alamat yang bisa digunakan untuk menyimpan
alamat-alamat rekan-rekan atau kolega sehingga memudahkan untuk
menemukannya pada saat dibutuhkan.
Dalam kaitannya dengan pembelajaran, email dapat menfasilitasi guru
untuk mengirim tugas kepada siswa, dan sebaliknya siswa dapat menyetor
tugasnya. Bahkan pada tingkat perguruan tinggi, mahasiswa memanfaatkan
fasilitas ini untuk mengkonsultasikan tugas akhirnya dan koreksi dapat
secara langsung dilakukan oleh dosen pada naskah tugas akhir yang
dikirim oleh mahasiswanya. Guru atau siswa dapat pula menggunakan
fasilitas ini untuk mengikuti milis (mailing list) sesuai bidang yang
diminati, misalnya budaya, teknologi informasi, dan sains.
Untuk dapat menggunakan email, pengguna terlebih dahulu harus
mendaftarkan diri. Ada beberapa search engine yang menyediakan layanan
email gratis, misalnya: www.yahoo.com, www.hotmail.com, www.astaga.com,
dan www.fastmail.fm.
3. TELNET
Telnet adalah program yang memungkinkan komputer kita menjadi terminal
dari komputer lain di INTERNET. Telnet memungkinkan kita untuk masuk
(log in) sebagai pemakai komputer jarak jauh dan menjalankan program
komputer layanan yang ada dikomputer tersebut.
4. FILE TRANSFER PROTOCOL [FTP]
Melalui FTP user bisa mengirimkan atau menerima data atau file dari satu
komputer ke komputer yang lain di seluruh dunia (Download dan Upload).
Anonymous FTP memungkinkan pengaksesan ke server FTP dengan login
anonymous tanpa memerlukan password. Anonymous FTP adalah salah satu
dari pelayanan dalam Internet yang cukup penting. Dengan akses ke
berbagai anonymous FTP, Anda dapat memperoleh file-file secara grafis.
Anda dapat menemukan program-program, gambar-gambar, majalah elektronik,
artikel-artikel dalam kelompok diskusi tertentu. Salah satu program FTP
adalah WS_FTP.
5. GOPHER
Internet menyediakan banyak informasi yang dapat diakses penggunanya
lewat sistem menu. Seorang pengguna INTERNET dihadapkan pada sebuah menu
yang bercabang-cabang. Untuk menuju ke informasi atau data yang dituju,
seorang pengguna menyeleksi pilihan-pilihan yang disediakan hingga
masuk ke topik yang diinginkan. Fasilitas demikian disebut Gopher.
Gopher menyediakan pengaksesan informasi hanya berupa teks.
6. CHAT GROUPS / INTERNET RELAY CHAT (IRC)
Salah satu layanan komunikasi langsung di internet adalah internet relay
chat (IRC). Layanan ini memungkinkan para pengakses internet melakukan
chatting atau percakapan dengan pengakses internet lainnya dalam sebuah
ruang chatting yang sama. Beberapa ruang chatting tidak hanya dilengkapi
dengan fasilitas teks, tapi juga grafik, suara, dan video. Ini berarti
bahwa penggunanya tidak hanya dapat berkomunikasi lewat teks, tapi juga
dapat menampilkan gambar, suara, dan video (melalui fasilitas webcam).
Bahkan ia dapat digunakan untuk mengirim file. Pada umumnya, search
engine menyediakan fasilitas chat. Bahkan portal e-learning yang
dikembangkan lembaga pendidikan tertentu juga menyediakan fasilitas
chat.
Gambar : Ruang Chat Yahoo Messanger
Untuk melakukan chatting lewat teks, pengguna mengetikkan teks pada bagian yang
disediakan dan mengirimkannya pada orang yang dikehendaki dengan mengklik
tombol send atau menekan tombol enter pada keyboard. Jika terdapat fasilitas audio pada komputer yang
digunakan, pengguna dapat melakukan voice
chat, yakni menyampaikan atau mendengarkan pesan lisan dari teman chatting-nya, seperti halnya kalau
menggunakan telepon. Bahkan bagi pengguna yang komputernya dilengkapi dengan
fasilitas webcam, dia dapat melakukan
chatting dengan melihat wajah rekan
yang diajak bercakap-cakap.
Fitur layanan chatting ini sangat memungkinkan digunakan untuk pembelajaran jarak
jauh (distance learning). Dengan fasilitas audio dan webcam yang disebutkan di atas, guru dapat merancang pembelajaran
dalam bentuk teleconference, sehingga
guru dapat menyampaikan pengajarannya kepada siswa-siswanya di manapun berada.
Sebaliknya, siswa dapat pula berinteraksi dengan gurunya atau dengan siswa
lainnya, walaupun pada tempat berbeda. Interkasi yang mungkin terjadi adalah
siswa bertanya kepada guru atau sebaliknya guru yang bertanya kepada siswa.
Dengan demikian, siswa merasa bahwa gurunya berada di depannya.
Selain itu, konten yang dibicarakan dapat
diarahkan pada bidang tertentu yang diminati, misalnya budaya, agama,
pendidikan, teknologi, dan sebagainya. Untuk mengontrol pembicaraan atau
diskusi, guru dapat mengarahkan siswanya dengan mengundang mereka masuk ruang
konferensi (invite to conference)
yang sebelumnya sudah dipilih atau diadakan oleh guru. Dengan demikian, guru
dapat memonitor percakapan para siswanya. Pengguna chatroom dapat juga memilih untuk chat berduaan. Dengan kegiatan ini, guru atau siswa akan dapat
bertukar pikiran atau saling membagi informasi tentang bidang yang sedang
dibicarakan. Hal ini tentu akan memperkaya pengetahuan dan menambah wawasan
mereka.
Gambar: Chat Room untuk one-to-one (berduaan)
7. USER’S NETWORK (USENET) DAN NEWSGROUP
Usenet, singkatan dari user network, adalah salah satu fasilitas di
internet yang mirip dengan bulletin board system (BBS). Usenet digunakan
untuk membaca dan mengirim pesan (biasanya disebut "articles" atau
"posts") kepada satu atau lebih kelompok kategori. Dari segi aktivitas
yang dilakukan para pengakses, usenet dan newsgroup merupakan forum
diskusi. Usenet biasanya terdiri atas serangkaian newsgroups yang dibuat
berdasarkan minat dan topik diskusi. Dengan kata lain, newsgroup adalah
bagian dari usenet. Menurut Oetomo (2007), newsgroup ibarat papan
komunikasi di mana setiap orang bebas mencari informasi yang dibutuhkan
serta memberikan informasi yang dimilikinya. Setiap orang bebas
memberikan komentar terhadap suatu masalah yang ada dan komentar akan
terbaca pula oleh para pemakai newsgroup. Dalam kaitannya dengan
pembelajaran, fasilitas ini dapat bermanfaat bagi siswa untuk berdiskusi
tentang topik yang diinginkan. Hanya saja berbeda dengan fasilitas
internet relay chat (IRC) yang dijelaskan di atas, karena bentuk
komunikasi yang ditawarkan newsgroup ini adalah asinkronos. Artinya
bahwa komunikasi antar pengakses tidak secara langsung pada waktu yang
bersamaan. Berikut ini adalah tujuh hirarki utama usenet newsgroups yang
dikenal dengan ‘Big 7”.
• comp.* — Diskusi tentang topik berkaitan komputer
• news.* — Diskusi tentang Usenet sendiri
• sci.* — Diskusi tentang bidang sains
• rec.* — Diskusi tentang kegiatan rekreasi (misalnya, games dan hobi)
• soc.* — Bersosialisasi dan Diskusi tentang isu sosial.
• talk.* — Diskusi tentang isu kontroversi, misalnya agama dan politik.
• misc.* — Diskusi serbaserbi—apa saja yang tidak masuk dalam hirarki lainnya.
8. INTERNET PHONE/CONFERENCE
Fasilitas untuk melakukan percakapan jarak jauh via INTERNET. Untuk itu
diperlukan aplikasi khusus dan dukungan hardware multimedia.
9. WAIS SERVER
WAIS (Wide Area Information Service) menyediakan cara lain untuk
menemukan informasi yang tersebar dalam INTERNET. WAIS mampu mengakses
segala database yang besar (seperti dokumen, file berisi gambar, video
dan suara).
10. MAILING LIST
Kelompok diskusi - fasilitas ini dibangun menggunakan teknik yang sama
dengan proses penyebaran surat elektronik. Dengan menggunakan fasilitas
ini, sebuah berita/file dapat didistribusikan ke banyak pengguna
sekaligus. Bahkan penggunanya dapat melakukan diskusi, seminar, ceramah,
konferensi secara elektronik tanpa terikat dimensi ruang dan waktu.
Diskusi dapat berlangsung setiap hari tanpa henti. Hasil yang diperoleh
akan jauh lebih efektif daripada penyelenggaraan seminar/konferensi
konvesional.
Sejumlah milis gratis dapat dijumpai di internet, misalnya yang
disediakan pada portal http://www.yahoo.com. Pengguna tinggal memilih
topik yang sesuai dengan minatnya.
Dalam konteks pembelajaran, guru dapat menganjurkan atau bahkan
menugaskan kepada siswa untuk mengikuti milis tertentu. Dengan milis
ini, siswa akan mendapatkan pengalaman betapa banyaknya manfaat saling
berbagi informasi satu sama lainnya. Selain itu, siswa juga dibiasakan
untuk membagi informasi yang mereka buat sendiri kepada anggota milis
lainnya. Informasi yang mereka peroleh dari milis dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi di kelas. Bahkan, ketika mereka mendapatkan
masalah yang sulit dipecahkan, mereka dapat meminta bantuan dari aggota
milis lainnya untuk mendapatkan jawaban atau solusi.
Ada 3 cara menjalankan internet, asumsi komputer telah terkoneksi ke ISP:
1. Menggunakan menu
• Klik START – PROGRAM – MOZILLA FIREFOX
2. Menggunakan icon di desktop
3. Menggunakan icon di taskbar
2.4. PERANGKAT KERAS DAN FUNGSINYA UNTUK AKSES INTERNET
Perangkat keras (Hardware) yang dibutuhkan untuk mengakses internet dan fungsinya, antara lain adalah :
1. Komputer
Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet.
Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat
menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. Semakin tinggi
spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet,
begitu pula sebaliknya.
2. Modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan
bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier)
dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang
memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal
pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat
diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya
modem adalah alat komunikasi dua arah.
Secara singkatnya, modem merupakan alat untuk mengubah sinyal digital
komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Komputer yang melakukan
koneksi dengan internet dihubungkan dengan saluran telpon melalui modem.
3. Saluran Telepon (Line Telepon), TV Kabel, ISDN, Handphone
a. Saluran Telepon (Line Telepon)
Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan
diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan
saluran telepon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Saat
ini, kita tidak harus mendaftar lagi ke ISP, misalnya dengan menggunakan
paket Telkomnet Instant yang secara langsung dapat melakukan akses
internet.
b. TV Kabel
Selain saluran telpon, untuk melakukan akses internet juga bisa
dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet
menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem
kabel. Agar dapat menggunakan modem kabel, computer harus dilengkapi
dengan ethernet (ethernet card). Layanan akses modem kabel dapat melalui
jaringan TV Kabel dengan ISP di antaranya : cbn, indosat, linknet,
centrin, dan mynet.
c. ISDN
ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah suatu sistem
telekomunikasi di mana layanan antara data, suara, dan gambar
diintegrasikan ke dalam suatu jaringan, serta merupakan transmisi system
telepon analog ke system digital. Para pemakai ISDN diberikan
keuntungan berupa fleksibilitas dan penghematan biaya, karena biaya
untuk sistem yang terintegrasi ini akan jauh lebih murah apabila
menggunakan sistem yang terpisah. Layanan ISDN disediakan oleh ISP yang
disebut dengan NSP (Network Service Provider).
d. Satelit
VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah stasiun penerima sinyal dari
satelit dengan antenapenerima berbentuk piringan dengan diameter kurang
dari 3 meter. Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim
data ke satelit.
e. Handphone
Internet juga dikembangkan untuk aplikasi wireless (tanpa kabel) dengan
memanfaatkan handphone. Protokol yang digunakan disebut WAP. Wireless
Application Protocol disingkat WAP adalah sebuah protokol atau sebuah
teknik messaging service yang memungkinkan sebuah telepon genggam
digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP,
melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format teks
khusus. WAP bekerja dengan modus teks dengan kecepatan 9,6 Kbps. Selain
WAP, dikembangkan pula teknologi GPRS (General Packet Radio Service),
GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, sehingga
memungkinkan akses internet, pengiriman data multimedia ke komputer,
notebook dan handheld computer. Saat ini, terdapat 3G (Third Generation)
pada telepon seluler berbasis CDMA (Code Division Multiple Access),
dimana 3G memiliki kecepatan transfer data hingga 230 Kbps.
Pemakai computer atau User dapat melakukan banyak hal melalui intenet, seperti:
• Mencari informasi (hosting)
• Belanja (e-commerce)
• Berkirimsurat (e-mail)
• Mengobrol (chatting)
• Research dengan intenet
Manfaat Internet dalam dunia pendidikan, khususnya dalam menunjang
pembelajaran, tidak diragukan lagi. Sumber-sumber belajar berupa artikel
ilmiah, buku, laporan penelitian, bahan ajar siap pakai, dan media
interaktif cukup banyak tersedia. Selain itu, beragam program dapat
dijumpai di internet yang dapat digunakan untuk mengembangkan bahan ajar
yang lebih menarik. Bahkan, bahan-bahan otentik lebih banyak jumlahnya
lagi yang sesungguhnya memiliki nilai pembelajaran bermakna apabila
pemanfaatannya dirancang dengan baik. Hal ini tentu membutuhkan
kompetensi guru yang memadai dalam hal menggunakan perangkat TIK yang
sesuai, membuat perencanaan pembelajaran dengan integrasi TIK,
mengevaluasi dan menyediakan bahan yang relevan, melaksanakan
pembelajaran dengan pemanfaatan TIK, dan membuat alat evaluasi.
Secara khusus, manfaat internet yaitu:
1. Bagi para guru, internet menawarkan beberapa kesempatan untuk:
a. Pengembangan Profesional.
b. Meningkatkan pengetahuan.
c. Berbagi sumber diantara rekan sejawat/ sedepartemen.
d. Bekerjasama dengan guru-guru dari luar negeri Kesempatan untuk menerbitkan/mengumumkan secara langsung.
e. Mengatur komunikasi secara teratur.
f. Berpatisipasi dalam forum dengan rekan sejawat baik local maupun internasional.
2. Pemanfaatannya sebagai sumber bahan mengajar:
a. Mengakses rencana belajar mengajar & metodologi baru.
b. Bahan baku & bahan jadi yang cocok untuk segala bidang pelajaran.
c. Mengumumkan
dan berbagi sumber. Sangat tingginya popularitas /sangat tingginya
minat untuk meningkatkan siswa lebih terfokusbelajar.
3. Bagi siswa Internet menawarkan kesempatan untuk:Belajar sendiri secara cepat, untuk:
a. Meningkatkan pengetahuan.
b. Belajar berinteraktif.
c. Mengembangkan kemampuan di bidang penelitian.Memperkaya pengetahuan dan kemampuan diri dalam:
- Meningkatkan komunikasi dengan siswa lain.
- Meningkatkan kepekaan akan permasalahan yang ada diseluruh dunia.
Salah satu dari manfaat yang sangat potensial dari Internet selain untuk
para administrator dan pihak-pihak yang berkepentingan di lingkunganya
itu adalah untuk memudahkan pengumpulan lembaran data-data sekolah yang
dapat langsung terkirim langsung ketujuannya baik ke perorangan maupun
kepada masyarakat luas.
Guru-guru dari segala bidang mata pelajaran, terutama guru bahasa dan
guru pelajaran ilmu sosial, dapat mengambil (download) berita dan
kejadian-kejadian terkini yang bisa digunakan sebagai bahan mengajar
dikelas pada hari yang sama saat itu juga. Semua guru juga dapat
menggunakan Internet baik untuk keperluan pengembangan diri secara
pribadi maupun secara professional, demi kemajuan proses pendidikan bagi
para siswanya dengan bekerjasama dalam wilayah regional maupun
diseluruh dunia.
Manfaat lainnya adalah kita dapat berkomunikasi secara individual atau
secara massa dan dapat dilakukan dimana saja diseluruh dunia hanya dalam
waktu beberapa detik saja. Kita juga dapat menyebarkan (publish)
informasi yang kemudian bisa di akses dari mana saja di seluruh dunia
dalam waktu yang sangat singkat. Kita dapat berkomunikasi secara
langsung (real time) melalui telepon dan unit video processing. Kita
bisa melakukan "chat" melalui jaringan gratis "chat" yangsangat luas
yaitu mIRC.
DAMPAK POSITIF INTERNET
Meluasnya akses terhadap fasilitas komunikasi massa dan alat informasi
termasuk internet dalam beberapa tahun terakhir ini telah menciptakan
transformasi yang besar dalam interaksi sesama manusia. Dunia internet
semakin berarti bagi anak-anak. Internet memungkinkan anak mengambil dan
mengolah ilmu pengetahuan ataupun informasi dari situs-situs yang
dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan waktu. Di samping itu masih
ada manfaat lain yang didapat dari internet, diantaranya:
1. Internet menghubungkan jutaan komputer yang tersebar di seluruh dunia
2. Internet tidak terikat pada organisasi apapun
3. Dengan Internet, organisasi dapat bertukar informasi baik secara internal maupun eksternal
4. Internet dapat digunakan untuk semua platform
5. Internet dapat digunakan siapa saja untuk melakukan akses informasi apa saja dan bahkan untuk melakukan transaksi bisnis
6. Surat
menyurat (e-mail), fasilitas ini sudah sering kali kita dengar karena
dengan fasilitas ini tidak hanya untuk saling mengirim pesan yang pnjang
tapi juga dapat digunakan untuk mengirim tugas dalam proses belajar,
7. Berbincang
(chatting), fasilitas ini memungkinkan seseorang untuk saling
berkomunikasi satu sama lainnya, dan bisa menambah teman dari berbagai
belahan dunia,
8. Mengambil/mengirim
informasi (download/upload), berbagai informasi mengenai apapun dapt
diperoleh melalui internet, selain itu kita pun dapat turut andil dengan
mengirimkan (upload) informasi-informasi penting yang kita ketahui,
9. Menggunakan
teknologi “teleconference” (konferensi interaktif secara on line dari
jarak jauh), karena dapat menghemat waktu, tenaga pengajar, kapasitas
ruang belajar serta tidak mengenal letak geografis,
10. Mendapatkan
hiburan, tidak hanya bagi orang dewasa, namun siswa sekolah dasarpun
telah mengenal dan memanfaatkannya meski seringkali hanya untuk
mendapatkan kesenangan,
11. Internet
juga dapat dimanfaatkan untuk memupuk semangat belajar secara mandiri
pada anak, misalnya dengan memanfaatkan software yang menarik untuk
menggugah minat anak belajar. Isi atau materi pelajaran yang menarik
diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang penuh dengan
kegembiraan. Sekaligus menghindarkan anak dari rasa tertekan saat
belajar karena menganggap pelajaran sulit dan menakutkan, dan
sebagainya.
DAMPAK NEGATIF INTERNET
• Pornografi,
anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi
memang tidak salah. Dengan penyampaian informasi yang dimiliki internet,
pornografi pun merajarela. Untuk mengatasi hal ini, para produsen
“browser” melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis
home page yang dapat diakses.
• Violence
and Gore atau kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena
segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para
pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs
mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
• Penipuan,
hal ini memang merajarela di bidang apapun, internet pun tak luput dari
serangan penipu. Cara terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini.
• Carding
merupakan aktivitas pembelian barang di Internet menggunakan kartu
kredit bajakan. Cara belanja menggunakan kartu kredit adalah cara yang
paling banyak digunakan dalam dunia Internet karena bersifat real-time
(langsung). Para pelakunya paling banyak melakukan kejahatan dalam
bidang ini.
• Perjudian, dengan jaringan yang tersedia para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi kebutuhannya.
Selain itu pun, ada beberapa dampak negatif lainnya yang dilihat secara konseptual yakni:
1. Information Anxiety
Terlalu banyak informasi sehingga tidak bisa memilih mana informasi yang
benar / salah, penting / tidak, karena semakin banyaknya informasi yang
ada sekarang, tidak semua informasi yang diberikan benar adanya.
Khususnya yang menggunakan media internet.
2. Dehumanization
Hilangnya / turunnya penghargaan atas nilai individu, yang digantikan dengan angka identitas.
3. Health Issues
Stress yang ditimbulkan oleh penggunaan peralatan dan aplikasi berbasis
TIK, ketergantungan akan teknologi informasi dan komunikasi, pengaruh
radiasi gelombang elektromagnetis, pengaruh radiasi layar monitor,
masalah persendian akibat kelelahan akibat kesalahan penggunaan keyboard
dan mouse, masalah ergonomis, dsb.
4. Lost Of Privacy
Identitas digital membuat keberadaan kita selalu terdeteksi. Selain itu
pemantauan kamera CCTV (Closed-Circuit Television) secara terus menerus
yang berada / terpasang di beberapa tempat tertentu akan mengganggu
privasi dalam kesaharian kita.
5. Cookies
Makin banyak informasi yang ditampilkan diinternet yang tanpa kita
sadari membuka peluang penyalahgunaan oleh pihak – pihak tidak berwenang
, contoh : account yang kita miliki di situs jejaring social seperti
facebook, friendster, twitter, dll .
6. Digital Gap
Makin nyata adanya kesenjangan antara kelompok yang menguasai TIK dengan
kelompok yang tidak menguasai TIK, baik dalam keseharian maupun di
dalam pekerjaan.
7. Possible Massive Unemployment
Implementasi TIK secara besar – besaran, waktu – waktu dapat membawa
dampak peningkatan jumlah pengurangan tenaga kerja, baik melalui PHK
ataupun menyempitnya peluang tenaga kerja bagi karyawan yang tidak
menguasai TIK.
8. Impact Of Globalization On Culture
Makin menghilangnya / menipisnya nilai – nilai budaya lokal akibat
pengaruh globalisasi. Karena semakin cepat dan mudahnya penyebaran
informasi dari dunia luar melalui internet.
Daftar Pustaka
Suprihatin.2011. Makalah Dampak Positif Dan Negatif Internet Bagi Kehidupan Remaja.Ponorogo
Maffuh, Benyamin dkk.1996. Penuntun Belajar Sosiologi II. Bandung: Ganeca Exact Bandung
M,Idianto.2006. Sosiologi untuk SMA Kelas XII. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sumber : ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar