Rabu, 28 September 2011

Individualisme

Mungkin anda berfikir bahwa di tengah hiruk pikuk kehidupan kota besar nan padat, individualisme sudah menjadi suatu hal yang sudah tidak dapat dihindari dan sudah banyak yang menikmati kehidupan individualis. Seperti yang kita tahu, segala sesuatu hal itu memiliki asal mula dan terjadi berdasarkan prinsip sebab akibat. Maka dari itu, individualisme pun terjadi dengan sebab - sebab tertentu.

Dari sudut pandang saya, individualisme terjadi karena kesenjangan sosial yang semakin di perburuk dengan kondisi ekonomi sebuah negara yang sudah semakin sulit untuk menopang kehidupan seluruh bangsa sehingga akhirnya setiap individu dalam masyarakat berusaha dengan susah payah untuk mempertahankan kehidupan masing - masing. Dengan demikian, setiap individu tersebut lebih sibuk dengan urusan masing - masing dan menggeser nilai - nilai kesatuan dalam berbangsa dan bernegara. Dengan kata lain, individualisme adalah sebuah penyebab utama disintegerasi dalam sebuah daerah dan sebuah bangsa.
Jika demikian, masalah sebuah negara tidak akan pernah terselesaikan jika di dalam negara itu sendiri, dalam bangsa itu sendiri terdapat perpecahan yang berawal dari individualisme dan hilangnya kepedulian untuk menciptakan kemakmuran bersama yang bukan hanya untuk tingkat individu dalam masyarakat.


Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar